6 Pertanyaan Sebelum Mulai Membuat Blog.

1291Jika anda berencana untuk memanfaatkan blog sebagai jalur bisnis internet anda, tanyakan 6 pertanyaan ini sebelum anda mulai membuat blog.

1. Apakah anda benar-benar membutuhkan BLOG ?

Menulis dan konsisten memelihara blog sangat menguras waktu dan pikiran anda. Anda harus mencurahkan pikiran anda kedalam tulisan.

Apakah blog akan memberikan pengaruh terhadap bisnis anda ? Atau mungkin bisa manfaatkan metode marketing online lainnya yang lebih sederhana. Seperti SEO, iklan adwords, email marketing, atau lainnya.

2. Siapa yang akan menjadi pembaca blog anda?

Hal pertama yang harus anda pahami dalam mendatangkan pengunjung adalah kemana mereka biasa mencari produk / jasa yang anda tawarkan. Apakah mereka biasa mencari produk tersebut melalui koran atau melalui iklan di radio? Jika iya, maka anda tidak perlu memarketingkannya secara online.

Tapi jika prospek anda juga terbiasa untuk online, maka blog juga bisa menjadi sarana bagi mereka untuk menemukan produk / jasa yang anda tawarkan.

3. Apa yang ingin anda raih melalui blog?

ada banyak hal yang bisa diraih lewat blog, antara lain :

– produk / jasa anda akan lebih mudah ditemukan, baik secara langsung maupun lewat google.

– brand image untuk diri anda, produk anda, atau perusahaan anda.

– membangun komunitas dan jaringan dengan orang-orang yang sama dengan anda.

– menambah jangkauan pasar anda.

– menunjukkan bahwa anda adalah seorang yang ‘ahli’ melalui tulisan-tulisan yang anda buat di blog anda.

– menjangkan prospek atau calon mitra bisnis yang sangat potensial.

Dengan menetapkan tujuan anda, akan mempermudah anda untuk fokus dalam menyusun artikel di blog anda.

4. Berapa banyak waktu yang akan anda curahkan untuk blog anda?

Para pebisnis online yang memarketingkan web / produk nya lewat blog marketing, tidak hanya mencurahkan waktunya untuk menulis di blog nya, namun juga secara rutin mengunjungi dan membaca blog-blog lainnya untuk mendapatkan informasi-informasi terkini.

Jika anda bersedia melakukan hal tersebut, maka blog akan menjadi sarana hebat untuk bisnis anda. Jika tidak, maka anda mungkin bisa memikirkan untuk mempekerjakan orang lain untuk anda atau jangan membuat blog sekalian.

5. Apa rencana anda untuk mempromosikan blog anda?

Anda harus memiliki cara-cara untuk mempromosikan blog anda. Jika tidak, membuat blog pun akan menjadi sia-sia. Maka, kuasailah terlebih dahulu metode-metode marketing online lainnya.

6. Bagaimana anda mengukur kesuksesan bisnis anda melalui blog?

Anda harus mengukur berapa banyak trafik pengunjung blog anda, berapa banyak penjualan yang terjadi karena ada blog anda. Sehingga anda bisa mengetahui apakah membuat blog efektif untuk bisnis anda atau tidak efektif.

Mengetahui akan hal ini dari awal akan mempermudah anda untuk memutuskan blog jenis apa yang harus anda buat, menu-menu apa yang harus ada di blog anda.

Membuat blog tidak untuk semua orang. Hanya untuk orang-orang tertentu saja. Bisa jadi blog COCOK untuk anda, bisa juga tidak. Anda tidak harus terus mengikuti kecanggihan dunia online saat ini. Anda harus benar-benar MENILAI apakah kecanggihan dunia online (seperti blog) akan efektif untuk bisnis anda atau tidak.

Tapi, jika BLOG menurut anda akan efektif untuk bisnis anda, maka buatlah BLOG segera. Dan tanyakan ke 6 pertanyaan di atas.

Leave a comment